Wednesday, May 4, 2016

TIPS AGAR KAMPAS KOPLING/PLAT KOPLING/DISC CLUTCH MOBIL LEBIH AWET/PEMAKAIAN TAHAN LAMA

TIPS AGAR KAMPAS KOPLING/PLAT KOPLING/DISC CLUTCH MOBIL LEBIH AWET/PEMAKAIAN TAHAN LAMA



KAMPAS/PLAT KOPLING SET/ASSY/LENGKAP MOBIL 

TIPS MERAWAT KOPLING MOBIL

Menipisnya kampas/plat kopling tidak bisa ditentukan secara pasti, karena keawetan masa pakainya tergantung dari berbagai hal. Berikut ini informasi bagaimana agar kampas/plat kopling menjadi lebih awet/pemakaian/masa/umur pakai lebih lama :
- Biasakan Gigi versneling/transmisi selalu dalam posisi netral di lampu merah/selagi macet
- Biasakan mengganti Part Seal krek as belakang sewaktu turun kopling dengan Qualitas yang bagus, Untuk menghindari kebocoran lebih dini yang akan menyebabkan oli menempel pada plat kopling dan plat kopling menjadi slip
- Sewaktu kemacetan di jalan raya yang cukup parah biasakan posisi gigi selalu dalam posisi netral
- Jangan menggunakan setengah kopling saat macet dijalan menanjak untuk menahan mobil agar tidak mundur ataupun kebiasaan terlalu lama menginjak pedal kopling. Biasakanlah menggunakan bantuan rem tangan untuk menahan agar mobil tidak mundur disertai dengan posisi gigi netral dan segera lepaskan pedal kopling setelah melakukan perpindahan gigi khususnya pada transmisi manual.
- Pilih dan gunakanlah oli yang berkualitas serta rajin menggantinya secara berkala. Untuk mobil transmisi matic, disarankan mengganti oli transmisi setiap 5.000 kilometer (km), bersamaan dengan penggantian oli mesin. Lalu, setiap 20.000 km dianjurkan oli dikuras dan diganti baru, diikuti dengan penggantian filter oli transmisi. Hal ini untuk mengeluarkan serpihan-serpihan serbuk halus akibat kanvas kopling yang saling bergesekan.
- Pada mobil transmisi manual, biasakanlah melakukan perpindahan transmisi dengan sedikit menurunkan putaran (rpm) mesin. Pada mesin otomatis, biasakanlah memberhentikan dulu mobil sebelum melakukan perpindahan tranmisi dari D ke P ataupun sebaliknya. Perpindahan persneling dari D (Maju) ke P (Mundur) ataupun sebaliknya yang terburu-buru hingga tidak menunggu hingga roda berhenti berputar, bisa berakibat terjadi benturan yang keras pada bagian transmisi karena keadaan yang tidak tepat serta menyebabkan kanvas kopling bergesekan keras sehingga cepat terkikis.
- Master Kopling Atas dan Master Kopling Bawah sebaiknya dalam kondisi bagus/tidak bocor. Kalau Kit Koplingnya Telat balik maka akan selalu menekan plat kopling dan plat kopling dalam kondisi yang tidak netral/tergesek terus, sehingga plat kopling cepat tipis.
- Part/komponen Kopling Set ( plat kopling, matahari/dekrup, drek laher dan laher Flywheel) sebaiknya pada waktu penggantian, diganti dengan Qualitas yang bagus.

KATEGORI MASALAH KOPLING MOBIL
- PEDAL KOPLING BERAT
- PEDAL KOPLING KERAS
- PEDAL KOPLING GETAR BERGETAR
- PEDAL KOPLING MACET TIDAK BISA BALIK/TIDAK MAU BALIK
- KOPLING MOBIL BERSUARA
- MINYAK KOPLING SELALU BERKURANG MENYUSUT BOCOR REMBES NETES SELALU NAMBAH
- MASTER KOPLING ATAS BAWAH MOBIL BOCOR REMBES NETES LUKA BARET TIDAK BISA BALIK TIDAK MAU BALIK
- KABEL KOPLING MOBIL SERET BERAT KERAS PUTUS MACET
- MOBIL TIDAK BERTENAGA LOYO TIDAK ADA AKSELERASI

CARA MENGATASI MASALAH KOPLING MOBIL DAN PENYEBABNYA
PENYEBAB MASALAH KOPLING MOBIL BERAT KERAS BERGETAR BERBUNYI BERSUARA krek krek ngorok ngerosok :
- PENYEBAB MASALAH Kopling Mobil bergetar : kuku Matahari/Dekrup Kopling Sudah aus minta di ganti
- PENYEBAB MASALAH Mobil tidak ada tenaganya/Akselerasi tidak ada : Plat Kopling Tipis
- PENYEBAB MASALAH Kopling bunyi/bersuara sewaktu idle/stationer : Laher /Bearing Flywheel ( Roda gila ) Aus bisa juga per Plat kopling longgar
- PENYEBAB MASALAH Bunyi/suara kopling sewaktu di Injak pedal Kopling : Drek laher kopling Rusak/aus
- PENYEBAB MASALAH Bunyi/suara di sekitar kopling mobil ( kecuali dua hal di atas ) : Gigi susun Transmisi/Versneling bunyi/bersuara berisik ngerosok
- PENYEBAB MASALAH Injakan Pedal kopling Keras/berat : Dekrup/Matahari Mulai aus/rusak bisa juga master kopling macet/kabel kopling rusak/macet/putus di dalam ( rata rata pada mobil karburator/lama )
- PENYEBAB MASALAH Minyak Rem selalu Berkurang/menyusut/nambah terus : Master Kopling atas/bawah bocor
- PENYEBAB MASALAH injakan pedal kopling naik/tidak ada akselerasi pada waktu mesin mobil panas padahal kampas/plat kopling baru : Master kopling atas/bawah yang lainnya bisa juga karena kampas/plat kopling selip/slip karena seal krek as belakang dan seal as kopling/seal as primer bocor rembes netes

CARA MENGATASINYA : 
Ganti komponen yang saya sebutkan di atas, di jamin masalah kopling anda selesai, dan akselerasi kecepatan mobil anda jadi wuuush wuuush... lagi

MERK KOPLING MOBIL :
- Valeo ( rata- rata untuk mobil Korea )
- Daikin
- Aisin

Sumber :
http://azmot.blogspot.co.id/2011/02/tips-agar-kanpasplat-koplingdisc-clutch.html

No comments:

Post a Comment