Friday, January 22, 2016

JWL, VIA, JAWA mengenal tanda velg

 JWL, VIA, JAWA Marka Keselamatan di Velg Kita




Tanda JWL + VIA do Enkei Sport RCT4 saya

Kemaren pas Enkei Enthusiast gathering ada yang penasaran nanya: “apa sih artinya emboss JWL & VIA, serta stiker JAWA di velg?”

Ini dia jawabannya: Ke-3-nya merupakan marka terkait dengan Safety Standard sebuah velg Jepang. Yup, perhatikan bahwa velg buatan eropa tidak memiliki marka ini lho!
JWL (JAPAN LIGHT ALLOYWHEEL)

JWL ini merupakan tanda standarisasi keselamatan untuk mobil penumpang dari sisi velg. Kementrian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Jepang menetapkan bahwa velg aluminium untuk mobil penumpang (ada kode angka khusus di nopol mobil-mobil kategori ini kalo di sono) yang dijual di Jepang menggunakan tanda ini. Tanda ini boleh digunakan sebuah velg jika ia sudah mendapat sertifikasi khusus, melalui serangkaian tes, seperti:

– Drum Endurance Test : bertujuan menguji durabilitas velg, dengan memposisikan velg (plus ban) seperti selayaknya mobil berjalan, ditaruh d, kemudian drum diputar sebanyak minimum 500rb putaran. Beban radial (seolah kondisi jalan dengan beban berat mobil berpenumpang) dibuat sedemikian rupa. Jika setelah tes ternyata velg itu tidak ada retak, perubahan bentuk atau kekendoran pegangan ban ataupun baut roda, maka ia lulus.

– Radial Load Fatigue Test: bertujuan menguji durabilitas piringan velg, dengan memberikan beban tekanan ke wheel disc selama 100rb putaran. Pengecekan keretakan, perubahan bentuk dan kelonggaran baut roda juga jadi indikator kelulusannya.

– Impact Test : tujuannya kali ini untuk melihat kemampuan menahan angin dalam ban di velg tersebut, juga kekuatan antara struktur pertemuan antara bibir luar velg (rim) dan piringan/bagian tengah (disc). Jadi velg bagian luar (outer rim) akan ditimpa dengan beban yang diajtuhkan dari ketinggian tertentu. Setelah impact, velg akan diinspeksi: keretakan, perubahan bentuk dan kebocoran udara. Tes ini dirancang untuk mensimulasikan impact antara lekuk pertemuan antara ban dan velg; bukan tes kekuatan velg secara keseluruhan lho. Seperti kita ketahui, trend penggunaan ban berprofil tipis dan velg diameter besar, maka volume udara dalam ban semakin sedikit. Tekanan akibat jalanan tentu berdampak lebih keras pada velg, makanya perhatian tes kekuatan ini penting.


Pada velg truk dan bus, standar yang sama menggunakan kode JWL-T.


Marka JWL+R biasanya ada di stiker. Huruf R warna merah berarti Spec 1, jika R warna biru berarti Spec 2

Saat ini, di beberapa brand velg ternama, standarisasi pengujian JWL telah mengalami evolusi. Enkei misalnya, menerapkan standarisasi yang lebih tinggi dari JWL, yang disebut Spec E.
Demikian juga dengan Rays, dengan kode Rays +R – biasa tertulis di stiker belakang velg JWL+R. Sejumlah ukuran standar JWL ditinggikan menjadi standar Rays. Misal: Drum Endurance Test yang dilakukan 500rb putaran di JWL, dibuat menjadi 1 juta putaran di JWL+R. Penerapan +R sendiri terbagi 2: JWL+R Spec 1 merupakan tes untuk velg casting; dan JWL+R Spec 2 untuk velg forged.


Beberapa peningkatan kualitas JWL menjadi JWL+R oleh Rays. Sumber: web Rays
VIA (VEHICLE INSPECTION ASSOCIATION)

Singkatan dari Vehicle Inspection Association , sebuah lembaga yang mem-verifikasi bahwa sebuah velg telah memenuhi persyaratan JWL atau JWL-T. Asosiasi ini mengeluarkan ijin buat produk-produk bermarka VIA hanya jika produk tersebut telah lulus tes kualitas seperti tertulis di atas.
JAWA (JAPANESE ALLOY WHEELS ASSOCIATION)


Sedangkan JAWA merupakan lambang dari asosiasi para produsen velg yang juga mendukung standar sertifikasiyang sudah termasuk di dalamnya pengetesan ala JWL dan sertifikasi VIA juga . Selain menandakan “keselamatan” tersebut, JAWA juga menandakan bahwa velg berstiker ini merupakan hasil produksi perusahaan Jepang yang kompeten karena selain sesuai standar keselamatan, JAWA juga mendukung mengenai kekayaan intelektual dari merk dan desain (orisinalitas), serta pendauran ulang. Pengembangan standar JWL dan VIA sendiri tidak lepas dari riset JAWA sendiri.

Nah, udah ilang belon penasarannya??? Silakan perhatikan velg Anda untuk 3 marka ini….

Sumber : https://dejeautodistro.wordpress.com/2012/05/25/jwl-via-jawa-marka-keselamatan-di-velg-kita/

No comments:

Post a Comment