Tuesday, July 7, 2015

Cara kerja Katup PCV atau Positive Crankcase Ventilation

 

Cara kerja Katup PCV atau Positive Crankcase Ventilation – PCV Valve

PCV atau kepanjangan dari Positive Crankcase Ventilation.  70% sampai 80% blow-by gas yang terdapat di dalam crankcase adalah gas yang tidak terbakar (HC), sedangkan sisanya 20% sampai 30% terdiri atas hasil tambahan dari pembakaran(uap air dan berbagai jenis asam). Semuanya dapat merusak oli mesin,menghasilkan Lumpur atau menyebabkab karat di dalam crankcase. Untuk mencegahnya maka blow-by gas dikeluarkan ke intake manifold untuk kemudian disalurkan kembali ke ruang baker untuk dibakar kembali.
Banyaknya blow-by gas lebih tergantung dari vacuum intake manifold dan atau beban mesin daripada kecepatan mesin. Oleh karena itu apabila dari cylinder head cover ke intake manifold hanya dihubungkan dengan pipa, hasilnya tidak efektif. Karena beban ringan kevacuuman pada intake manifold kuat sedangkan produksi blow-by gas sedikit, sedangkan pada beban berat kevacuuman di intake manifold rendah sedangkan blow-by gas yang dihasilkan banyak.
Oleh karena itu katup PCV dipasangkan diantara cylinder head cover dengan intae manifold, untuk mengatur jumlah blow-by gas yang masuk ke intake manifold untuk dibakar kembali sesuai dengan vacuum intake manifold.

Cara kerja katup PCV:
 Mesin Berhenti atau Back Firing (Pembakaran Balik)
  • ·         Katup menutup karena beratnya sendiri dan berat pegas.

Idling atau Perlambatan
  • ·         Pada saat idling kevacuuman di intake manifold besar sehingga katup PCV terangkat (terbuka). Blow-by gas yang mengalir ke intake sedikit Karena saluran di katup PCV sempit.


Normal
  • ·         Kevacuuman di intake manifold normal, katup sedikit turun dari posisi idling, saluran terbuka semakin lebar.
Percepatan atau Beban Berat
  • ·         Kevacuuman di intake manifold kecil, katup PCV semakin turun, saluran terbuka penuh, semakin banyak blow-by gas yang mengalir ke intake manifold.
PCV Valve patah, apa akibatnya …??
ada asap putih sedikit pekat, bisa jadi karena PCV valve nya bermasalah, biasanya kalau part ini bermasalah akan menyedot oli dari ruang mesin sehingga oli terbakar pada ruang pembakaran

Sumber : http://teknologi.url.ph/cara-kerja-katup-pcv-atau-positive-crankcase-ventilation-pcv-valve/

No comments:

Post a Comment