Monday, July 6, 2015

PENYEBAB MESIN MOBIL BREBET

 PENYEBAB MESIN MOBIL BREBET



Mesin mobil brebet atau menggelitik sehingga akselarasi mobil kita menjadi menurun dan menyebabkan kita merasa kurang nyaman atau malas untuk menggunakan mobil tersebut. Perawatan mobil kali ini akan membahas apa saja penyebab mesin mobil brebet atau menggelitik secara garis besar ada dua kemungkinan, yaitu yang berhubungan dengan pengapian mobil dan yang berhubungan dengan sistem bahan bakar mobil. 

Penyebab Mesin Mobil Brebet / Ngelitik

Komponen pengapian mobil :

  • Koil

koil mobil toyota kijang
  • Kabel Busi

kabel busi mobil racing
  • Busi


Busi Original Mobil Toyota

Komponen bahan bakar Mobil

  • Injektor  / Karburator

Injektor Toyota Great Corolla
  • Fuel Rail

fuel rail toyota soluna
  • Fuel Pressure

fuel pressure Corolla Twincam
  • Filter Bensin (Fuel Filter)

Penyebab utama mesin mobil brebet
  • Pompa Bensin (Fuel Pump)

Fuel Pump Vios

Gejala mesin mobil brebet / ngelitik biasanya terjadi pada semua tingkat kecepatan, hal ini disebabkan pasokan api atau bahan bakar yang dikirim dari sumbernya tidak bisa sampai ke tujuan dengan sempurna. Contohnya, ketika terjadi perpindahan gigi, mesin mobil menjadi brebet hal ini dapat disebabkan karena kondisi pengapian yang sudah tidak bagus, tidak mampu untuk membakar jumlah bahan bakar yang masuk sehingga bahan bakar menjadi over suplly atau tidak terbakar secara sempurna.

Salah satu cara mudah mengetahui adanya kebocoran pengapian adalah ketika malam hari atau dapat dilakukan pada tempat gelap sekalipun. Nyalakan mesin mobil dan lihat sekitar perangkat pengapian yang disebutkan di atas, kalau ada kebocoroan biasanya akan langsung terlihat adanya percikan api. Apabila kita merasa kurang yakin, kita dapat memegangnya langsung. Dijamin mata langsung segar dan teriak-teriak sendiri akibat kena setrum mobil.

Untuk mengetahui adanya masalah di dalam sistem bahan bakar, salah satu metode yang paling ampuh adalah menginjak secara tiba-tiba pedal gas sampai menyentuh dek mobil. Jika mesin brebet atau jeda, sebaiknya diperiksa komponen-komponen yang berhubungan dengan sistem pendistribusian bahan bakar. Hal ini disebabkan apabila kita menginjak gas secara mendadak maka mesin mobil akan meminta bahan bakar dalam jumlah yang banyak, kalau terdapat masalah di dalam salah satu komponen maka jumlah bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin mobil tidak akan terpenuhi sehingga menyebabkan brebet / gelitik.

Analogi sederhananya, kita dapat menganggap seperti kran air, selang dan penyemprot. Kran air dapat diibaratkan dengan fuel pump dan koil, kemudian selang sebagai kabel busi dan fuel rail. Penyemprotnya dapat disamakan dengan kabel busi dan busi. Jika kran kita buka penuh tetapi ada kebocoran pada slang, maka air yang keluar di penyemprot tanaman juga tak bisa maksimal. Selain itu, komponen pemberi dan penerima perintah mesin mobil juga bisa menyebabkan mesin brebet seperti ECU, Air Flow, Crank Sensor atau juga camshaft sensor.

Jadi apabila mesin mobil brebet maka komponen spare part antara pengapian dan pendistribusian bahan bakar harus kita cek terlebih dahulu sebelum melangkah ke sistem elektrik mobil karena harga spare part sistem elektrik mobil harganya tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain mesin mobil brebet, biasanya permasalahan yang sering timbul adalah rem mobil yang blong secara tiba-tiba.

Semoga membantu

Sumber : http://sbtoyota.blogspot.com/2013/02/mesin-mobil-brebet-ini-penyebabnya.html

No comments:

Post a Comment