Wednesday, July 8, 2015

POWER WINDOW MACET

 POWER WINDOW MACET


power window mobil toyota

Penyebab power window macet

Sistem buka-tutup kaca pada pintu sopir biasanya sudah dilengkapi dengan mode otomatis (Auto), yang memungkinkan proses naik-turun kaca dilakukan dengan sekali tekan pada tombol di master Power Window (PW).

Sangat memudahkan kita ketika harus membayar parkir atau mengambil tiket tol, karena di satu sisi kita harus berkonsentrasi di dalam mengemudikan kendaraan.Tetapi sayangnya karena seringkali dibuka-tutup, debu pun mudah masuk ke celah got pada karet rel kaca.Lama kelamaan kotoran yang menumpuk itu akan menyebabkan gerak turun-naik semakin seret dan otomatis akan menambah berat kerja motor power window itu sendiri.

Indikasi PW mulai melemah ditandai dengan bunyi yang tidak biasanya, seperti bunyingik-ngik-ngik ketika kaca dinaikan ataupun diturunkan secara auto. Apabila sudah terdengar seperti ini, ada 2 kemungkinan yang sudah mulai rusak, yaitu motor PW yang sudah mulai melemah atau regulator yang sudah mulai aus.

Regulator

Motor Power Window

Beberapa kasus yang sering terjadi di workshop sumber berkat, adalah pemakaian umur power window yang sudah di atas 5 tahun dan bunyi tersebut biasanya lebih banyak berasal dari komponen motor assy PW yang terindikasi sudah mulai melemah kerjanya.

Cara mengatasi power window macet

Apakah berbahaya bila terlambat penanganannya untuk power window mobil yang sudah mulai macet ?

Secara keseluruhan tidak berbahaya dengan sistematis mobil, cuma yang membuat berbahaya dari keseluruhan kasus adalah seringkali motor PW ini macet untuk menaikan kembali kaca yang sudah turun.Jadinya seperti judul film Warkop DKI, Naik Susah Turun Gampang, hal ini disebabkan karena motor PW bekerja jauh lebih berat untuk menaikkan kaca daripada menurunkannya.Nah apalagi kalau kejadiannya di malam hari, tentu kita bakal jadi sasaran empuk untuk tindak kejahatan kan ?

Cara Merawat Power Window Mobil

Untuk perawatan PW, pemilik mesti rutin menyemprotkan silicon spray/grease di bagianrun door glass, idealnya sich 6 bulan sekali agar kebersihan di bagian dalam rel kaca tetap optimal
Tetapi kalau belum sampai 6 bulan, sudah terlihat mengering bisa disemprotkan lagi, sebab selain berfungsi untuk membuat karet kembali lentur, cairan ini sekaligus buat lubrikasi sisi kaca ketika naik-turun.Biar gak Lecet gan, Hahaha

Semprot-semprot

Jangan malas bermain dengan silicon spray yah, pekerjaan paling lama 10 menit tetapi bisa menghemat kocek kita.

semoga membantu

SUMBER : http://sbtoyota.blogspot.com/2013/01/power-window-macet-penyebab-cara.html

No comments:

Post a Comment