Wednesday, July 27, 2016

Cara Menyetel Celah Valve Mesin 4 Silinder

 Cara Menyetel Celah Valve Mesin 4 Silinder


Cara Menyetel Celah Valve Mesin 4 Silinder

Penyetelan keregangan valve termasuk pada prosedur daftar tune-up, karena diperlukan untuk menjaga kinerja / performa mesin bensin 4 tak baik pada sepeda motor atau mobil. pada umumnya penyetelan valve mobil dan motor sama saja, cuman yang membedakannya hanya silinder nya saja.

Kali ini saya akan menerangkan bagaimana cara menyetel valve mobil. Sebelum ketahap penyetelan kita harus mempersiapkan peralatan, diantaranya :

  1. Fuller ( untuk menetukan besar kecilnya celah )
  2. Konci Ring 19 ( tergantung baud pully mobil itu sendiri )
  3. Kunci Ring 12
  4. Obeng - / +
Tahap Penyetelan

Sebeleum menyetel sebaiknya kita harus menentukan TOP terlebih dahulu. Supaya penyetelan lebih cepat kita melakukan penyetelan di TOP 1 dan TOP 2.

Cara menentukan TOP 1
Putar pully crank sahaft / poros engkol menggunakan kunci ring 19 tadi, putar pully searah jarum jam, kemudian liat titik pada pully, kemudian titik pada pully tersebut harus sejajar dengan titik 0° yang ada pada tutup timing belt / timing chain. Bila mana sudah sejajar, buka kap cylinder head kemudian cek valve IN dan EX silinder 1 bilamana pada saat ke-2 valve IN dan EX digoyangkan dalam keadaan bebas ( tidk tertekan sepatu klep ) berarti itu top 1.

Untuk Starlet :

Celah Valve IN 0.20 mm
Celah Valve EX 0.20 mm


Liat tabel di atas pada TOP 1 yang di stel hanyalah silinder 1 valve IN dan EX,silinder 2 valve IN saja, kemudian silinder 3 valve EX saja. berarti yang lainnya jangan di stel.
Cara menyetelnya siapkan fuller ukuran 0.20 mm untuk menyetel valve in terlebih dahulu, kemudian longgarkan mur sepatu klep menggunakan kunci ring 12, kemudian masukan fuller kedalam celah antara klep dan sepatu kelep, kemudian putarkan baud sepatu kelep searah jarum jam perlahan hingga mendapatkan celah 0.20mm kemudian tahan baud tersebut dengan obeng, kemudian mur nya kencangkan lagi menggunakan kunci ring 12. dan yang selanjutnya. Untuk menyetel valve EX caranya sama.

Kemudian kalo udah selesai menyetel 4 valve di TOP 1, selanjutnya kita menyetel sisa valve yang belum di stel di lakukukan di TOP 4. Caranya sama dengan menyetel di TOP 1.

Menyetel valve di TOP 4
Pertama putar lagi pully poros engkol 360° searah jarum jam hingga titik pully berada di titik 0° kemudian cek valve IN dan EX silinder 4 kalau dalam posisi bebas ( tidak tertekan ) berarti sudah berada dalam TOP 4.


cara menyetelnya sama dengan yang tadi TOP 1 cuman kebalikan dari TOP 1 kalau tadi dimulai dari silinder 1 kalau TOP 4 dimulai dari silinder 4. cara yang terakhir ini lebih mudah karena tinggal menyetel klep sisa tadi TOP 1 yang belum di stel. untuk lebih jelasnya lagi liat tabel diatas.


Nah gimana mudahkan Cara Menyetel Celah Valve Mesin 4 Silinder. mudah - mudahan tutorial dari saya ini bermanfaat.

Sumber :
Sudah disesuaikan untuk starlet pada bagian ukuran valve clearance nya dari 
http://www.eriotomotif.com/2015/06/cara-menyetel-celah-valve-mesin-4.html

No comments:

Post a Comment