Sunday, July 24, 2016

Membuat dan Menambah Kabel Ground di Mobil

Membuat dan Menambah Kabel Ground di Mobil ( Ground Cable )




Kabel Ground aftermarket yang harganya Bisa Bikin Anda Kaget.
Dengan makin berumurnya sebuah mobil selain performa yang menurun, dapat dipastikan kualitas kabel kabel dari mobilpun akan menurun, Seperti kita Tahu Bahwa Ground pada mobil ( bahasa montir mengatakan Massa) adalah vital, mengapa Vital karena itu merupakan titik negatif dari sumber kelistrikan, bila ground kita bermasalah maka daya hantar listrik dari accu, alternator dan lain lain akan terganggu. 

Sebenarnya mobil dari baru sudah tersedia kabel ground dari pabrikan tetapi berjalannya waktu ada karat dan lain lain maka bidang sentuh kabel ke body akan makin menurun, hal ini bisa berpengaruh pada performa mesin (terutama yang jenis mesin bensin), mempengaruhi electronika, Cahaya lampu dan lain lain. Yang jadi masalah bila kita beli kabel Ground after market harganya sangat mahal !!
Jangan Kuatir Kabel Ground bisa Kita buat Sendiri kok dari Bahan disekitar kita, dan bahan bahan tambahan yang harganya ngak terlalu mahal. Yuks Kita Lihat sekeliling Rumah.


Alat dan Bahan :

1. Bila anda Memiliki Kabel Listrik NYM dirumah bisa digunakan itu, atau bila anda punya Kabel Serabut yang Lain juga Bisa digunakan.
2. Belilah Fiting Klem Accu di toko Sepedamotor beli secukupnya 5-6 buah ( sesuai Kabel yang akan dibuat.
3. Siapkan Tang dan Gunting atau peralatan yang diperlukan.


Daerah yang bisa diberi ground

1. Kita Ukur dulu daerah Accu terminal Negatif ke daerah mobil yang akan ditempati ground, Untuk Mobil Diesel bisa Kita Gunakan Kombinasi 3-1 (3 kabel ke body dan 1 kabel ke mesin) Sedangkan Kalau Mobil Bensin Bisa Kita Gunakan Kombinasi 2-2 ( 2 kabel ground kebody dan 2 kabel Ground ke Mesin ) Mengapa Kalau Mesin Bensin Kok Harus 2 , Ya karena mesin Bensin membutuhkanIgnation seperti koil, busi dan lain Lain. Untuk Jumlah Kabel Ground itu tergantung selera anda anda bisa menambah sebanyak mungkin yang anda mau, tidak ada batasan.


Instalasi di negatif Accu

2. Setelah anda Ukur Panjang dari Accu Negatif ke Daerah yang akan dipasang kabel Ground anda bisa mulai memotong kabel dan mulai merangkainya. (coba anda lihat pada gambar Alat dan Bahan, disamping kanan itu adalah kabel yang sudah dirangkai dengan ujung ujungnya udah diberi klem penjepit. sedang gambar klem yang kotak itu adalah klem Accu punya sepedamotor, sedang yang bundar itu juga klem accu universal, yang nantinya akan dipasangkan pada daerah mesin atau ground body. 

3. Anda Juga bisa mengunakan Siku yang diberi lubang seperti dalamgambar alat dan bahan, bahan siku kalau bisa ya dari tembaga/ kuningan, bila ngak ada bisa anda gunakan dari bahan stainless steel atau terpaksa besi juga boleh.he9 Siku tersebut untuk mempermudah dan memperbanyak klem seandainya anda ingin menambah banyak sekali kabel ground, 


Klem pada Body mobil
Dalam gambar terlihat ada 2 kabel Ground dan satu Kabel Massa Ground dari Lampu Relay tambahan sementara masih ada 2 buah lubang kosong yang bisa dimanfaatkan lagi dikemudian hari bila anda membutuhkan ground tambahan.

4. Setelah semua siap anda tinggal memasangnya di unit Negatif accu dan memasang ujung klem di bagian mesin ataupun ke bagian body. (Seperti Gambar) Mudah Bukan. Untuk Pemasangan pada mesin dihindari memasang kabel di dekat unit yang panas misal dekat knalpot dan lain lain. 
Selamat Mencoba.

Semoga Bermanfaat..!!

Sumber :
http://yamatoikwan.blogspot.co.id/2013/06/membuat-dan-menambah-kabel-ground-di.html

No comments:

Post a Comment