Monday, July 25, 2016

Membuat Sendiri TCI/CDI Mobil

Membuat Sendiri TCI/CDI Mobil….Platina tetep terpakai dan awet!!


Halo brother….Nunggu bengkel bubut buka memang sesuatu ya….Kok gak beranjak ke hari senin ya…..hehehehehe…njur arep ngopo iki?? tadi pagi sempat blusukan ke warga kurang mampu dan ikut baksos…halah…tetep saja turah waktu…sore iseng2 ngecat frame….eh kok langsung kering….hihihihi…Yo wes ngoprek TCI/CDI mobil yang kemaren tewas!!!

Bagi pemilik mobil bekas seperti saya perjalanan jauh itu seperti mimpi buruk….apalagi mesin masih menggunakan pengapian platina… Nah biar gak kebengkel terus ganti pengapian dengan CDI adalah solusi jitu….tapi sayang bro…CDI ori starlet berkisar 2jutaan.

Yo wes…bikin CDI sendiri saja…murah kok!! Fungsi CDI disini cuma sebagai pengumpan listrik ke koil ya…jadi ujung tombak pengapian tetap pakai platina. bahasa bengkelnya platina difungsikan sebagai pulser (sensor) pengapian. jadi urutanya…Platina sebagai penerima sensor——> sensor diolah CDI buatan ——> listrik dari CDI diumpan ke koil bawaan——> listrik diterima busi….disini pengolah listriknya adalah transistor daya, sehingga platina yang semula sebagai penghubung dan pemutus arus beralih fungsi. Efeknya platina menjadi awet dan tidak perlu servis atau ganti!! itu yang penting…sehingga irit biaya servis. oke langsung saja ditengok dattar komponen yang perlu di beli.

Daftar komponen TCI/CDI :
  1. Q1 transistor daya IRF 840/760
  2. R1 470 ohm 0.5watt
  3. Q2 BD 140
  4. R2 Resistor keramik 150 ohm 2watt
  5. R3 470 ohm 2watt
  6. R4 4k7 ohm 0.5watt
  7. 7. C1 224Hs/ 250Volt
Nah itulah yang perlu disiapkan. sebetulnya disolder langsung juga bisa jalan. tapi ya itu…ketika panas berlebih solderan bisa lepas. nah untuk itu bisa bikin pcb sendiri. pcb polos disablon dan dicelup ke ferriclorida sehingga hasil bisa rapi. untuk yang seneng utak atik…bisa buka aplikasi DROID PCB di play store…yang gak ngerti nanti bisa copas dari sini…woke….


ini diagramnya


siap disablon…pake soft ware droid PCB by play store


ini contoh setelah jadi

Pokoknya dijamin platina awet…mobil digas juga responsif dan merata tenaganya….dan yang pasti…ngirit bensin…juga irit biaya ke bengkel…saya sudah memakai selama 1thn lah kira2 …tanpa kendala dan belum pernah bermasalah….cuma kemaren tak lihat kondisi kapasitor sudah semaput..akhirnya mencoba bikin sendiri…

woke bro…semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi…..pokoknya mobil platina wuenak kalo pake cdi beginian…gas bablas bensin uirit

Sumber :
https://5osial.com/2015/02/15/membuat-sendiri-cdi-mobil-platina-tetep-terpakai-dan-awet/

No comments:

Post a Comment